Rabu, 04 Februari 2015

Sistem Pengiriman Email

Assalamualaikum, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sistem atau bagaimana sebuah email dapat terkirim atau dapat sampai pada email tujuan yang anda inginkan. Check this out !

How does Email Work ?
Penjelasan :


  • Saat kita mengirim email, kita akan terhubung pada sebuah server email atau bahasa inggrisinya mail server. Server ialah sebuah komputer terpusat yang menjadi pusat untuk memanage jenis pelayanan yang spesific. Maka jika server email atau mail server, tugas server ini ialah yang mengatur jalannya proses pengiriman email. Untuk pengiriman email, server yang berperan ialah SMTP (Simpel Mail Transfer Protocol) server. Ibaratnya SMTP ini merupakan sebuah ‘gerbang’ yang harus dilalui dulu jika ingin mengirim email dan untuk menuju alamat email tujuan harus melewati ‘gerbang’ (SMTP) tujuan terlebih dahulu.
  • Nah pada setiap email, pasti memiliki sebuah alamat baik alamat sang pengirim maupun alamat email tujuan yang akan kita kirim. Ketika kita mengklik ‘send’ maka email provider kita akan menghubungkan pada SMTP server dari pada email kita sendiri dan server tersebut akan mentransmit alamat email pengirim, alamat tujuan dan isi pesan menuju SMTP tujuan.
  • Kemudian SMTP bekerja untuk mencari di mana alamat tujuan daripada email yang dikirim menggunakan nama domain daripada ID tujuan (alamat email tujuan). Namun jika alamat tujuan memiliki nama domain yang sama cara kerjanya lebih sederhana, karena SMTP hanya mengirimkan surat ke server keluaran surat lokal (POP3 atau IMAP).
  • Karena Domain ialah sebuah pengganti daripada sebuah IP address maka SMTP akan menanyakan terlebih dahulu IP dari pada domain web tersebut pada DNS server.
  • Kemudian SMTP akan mengirimkan SMTP tujuan dengan IP yang sudah didapat dan memastikan apakah benar alamat yang dituju berada di doamin tersebut. Jika bendar maka email tersebut akan dihandle oleh POP3 server atau IMAP server yang kemudian akan menempatkan email tersebut pada kotak masuk pemilik email. 
 Gambar yang lebih simpel mungkin yang di bawah ini :
How does email work.



Yap, cukup sekian dulu penjelasan bagaimana cara email bekerja, semoga bermanfaat :D


0 komentar:

Posting Komentar