Jumat, 03 Agustus 2012

Apa Itu JDK, JVM dan JRE ?

Nahh, dalam mempelajari bahasa pemrograman Java, kalian juga harus mengetahui apa itu JDK (Java Development Kit), JVM (Java Virtual Machine), dan JRE (Java Runtime Environtment), kenapa kalian harus mengerti ketiganya, karena inilah yang mebuat Java dapat dijalankan dalam dan dikompilasi dalam platform atau device kalian.. berikut adalah penjelasan ketiganya..

  1. Java Development Kit (JDK)

    Yeaha, ini bagian terpenting, karena inilah yang merupakan kompiler dari JAVA sendiri, dimana source code (kode sumber) dari Java akan dikompilasi menjadi Byte Code, yaitu bit code (biner) yang dapat dimengerti oleh mesin. JDK juga akan membentuk sebuah Objek Code dari Source Code. Jika kalian ingin menkompile / build program JAVA kalian harus menginstall JDK terlebih dahulu, sampai postingan ini ditulis, JDK telah mencapai versi 1.7, dimana versi 1.1 sampai 1.7 dianggap sebagai JAVA2.
  2. Java Virtual Machine (JVM)

    Nahh setelah JDK mengkompile Source Code menjadi byte code, sekarang adalah bagian JVM untuk menerjemahkannya kedalam bahasa yang dimengerti perangkat, karena tiap perangkat, prosessor dan mesin yang berbeda akan memerlukan bahasa yang berbeda yang disesuaikan dengan lingkungannya, sedangkan JDK sendiri hanya akan membuat objek code yang sama, dimanapun itu, tugas JVM menerjemahkannya, inilah kenapa JAVA dapat dijalankan di segala Platform.
  3. Java Runtime Environment (JRE)

    Setelah dipahami bahwa JDK dan JVM berfungsi untuk mengkompile, membuild dan menerjemahkan ke bahasa mesin yang dibutuhkan, sekarang tugasnya JRE untuk meeksekusi Objek Kode tersebut, yup, tugasnya hanya mengeksekusi / menjalankannya, karena gak semua butuh JDK, contoh ketika kalian beli Android, terus ada aplikasi JAVA didalamnya, kalian kan gak dikasih Source Codenya, terus disuruh kompile sendiri, haha, jadi JRE bisa diinstall tanpa JDK, karena bersifat modular / terpisah, orang awam biasanya hanya butuh JRE, tapi beberapa orang seperti programmer / developer atau begitulah, pasti butuh JDKnya juga kan..

    Ya, itu sekilas tentang JDK, JVM dan JRE semoga bermanfaat :D

    source : amri166.blogdetik.com

2 komentar:

  1. Terimakasih atas penjelasan yg simple tp sangat membantu, saya yg awam dgn JAVA jadi lebih mengerti ttg istilah2x diatas

    BalasHapus