Rabu, 28 Januari 2015

SEJARAH INTERNET

Hai guys, akhirnya bertemu lagi setelah sekian lama tidak menulis blog, oke sebelumnya izinkan saya membersihkan sarang laba-laba yang ada di blog ini haha. Oke kali ini akan membahas tentang internet. Di era teknologi yang berkembang pesat ini, siapa sih yang tidak mengetahui internet ? Saya rasa saat ini semua kalangan pasti tau apa itu internet dan digunakan untuk apakah teknologi itu. Seenggaknya minimal tau kalau internet itu yang dipake kalau mau buka 'pesbuk' (Facebook), 'yutub' (Youtube) dan yang pasti untuk buka mbah gugel (Google) ahaha. Namun selama ini apakah kalian tau awal mula teknologi ini diciptakan bagaimana, kapan dan oleh siapa ? Mari kita simak ! :D

Pengertian Internet

Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.

Sejarah Internet

Siapa yang Menciptakan Internet

Untuk penemuan internet, tidak ada satu orang yang bertanggung jawab, sebagai pelaku utama penemuan internet dalam suatu waktu tertentu.  Tapi bisa dicarikan siapa pemulainya. Gagasan, yang mengarah pada pengembangan Internet diajukan oleh JCR Licklider dalam makalahnya tentang jaringan komputer pada tahun 1960. Dia melanjutkan untuk memimpin Departemen Informasi Pengolahan di lembaga penelitian militer AS. Ia dibantu oleh Lawrence Roberts dan timnya dalam penelitian dan pengembangan.

Langkah berikutnya dalam pengembangan Internet adalah packet switching teknologi, karena yang informasi dapat ditransmisikan antara komputer dalam bundel, yang dan masih disebut paket. Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di berbagai tempat yaitu MIT, National Physical Laboratory dan RAND. Ada upaya terbayar dan menyebabkan aktivasi ARPAnet antara UCLA dan Stanford University pada tahun 1969.
ARPAnet tidak bisa dibandingkan dengan apa yang kita miliki saat ini dalam hal web browser, WWW, dll Namun, hal itu bisa disebut sebagai bapak internet seperti yang kita lihat hari ini. Ada banyak sistem berdasarkan ARPAnet dan sistem diperpanjang cepat. Pada awal 1980-an ', ada lebih dari 200 host komputer independen.

Ada sistem lain, yang dikembangkan di bagian lain dunia. Pada tahun 1974, International Telecommunication Union memulai standar X.25. Ini adalah dasar dari jaringan Eropa seperti Inggris JANET. Namun, ada perbedaan antara cara kedua sistem yang digunakan.

ARPAnet dijadikan sebagai jaringan akademis, dan mencoba, pengembangan untuk memiliki fungsi email umum, sebagaimana yang digunakan sampai hari ini juga. Di sisi lain, sistem berbasis X.25 yang tersedia untuk komunitas bisnis. Sistem ini memiliki fitur yang disebut Telnet. Namun, berdasarkan ARPAnet, pada tahun 1983 protokol TCP / IP diciptakan.

Selain J.C.R. Licklider dan Lawrence Roberts, nama-nama yang layak disebut Robert Kahn, Leonard Kleinrock, Vint Cerf, Radia Perlman dan Viston. National Science Foundation mengambil alih manajemen pada tahun 1990. Ledakan Internet terjadi setelah tahun 1990. Itu pada tahun 1992, akhirnya akses internet dibuat tersedia untuk masyarakat umum. Dan akhirnya era internet sebagaimana yang kita alami saat ini di mulai.

Bagaimana Internet di Mulai

Pada dasarnya, sejarah internet diawali dari penelitian di Amerika Serikat sekitar 1960-an tentang cara membagi informasi atau data komputer menjadi paket-paket dan proses memindahkan paket-paket data tersebut dari satu komputer ke komputer lainnya.

Penelitian ini pertama kali dilakukan oleh salah satu lembaga yang bernama ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang kemudian berganti nama menjadi menjadi DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency). Pada 1969, DARPA mengembangkan proyek penelitian yang dikenal dengan sebutan ARPAnet.

Proyek ARPAnet ini dilakukan untuk menghubungkan komputer-komputer milik lembaga-lembaga pemerintah, pendidikan, bisnis, dan militer Amerika Serikat. Pada 1970, proyek ARPAnet berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain.
Kesuksesan proyek ARPAnet menjadi awal yang cerah dari perkembangan teknologi internet yang dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan. Adapun urutan perkembangan internet dari sejak ditemukannya adalah sebagai berikut :
  • Pada 1971, Roy Tomlinson dalam proyek ARPAnet menciptakan program surat elektronik (email) yang kemudian disempurnakan pada 1972. Pada 1972 juga diperkenalkan simbol @ (dibaca “at” yang berarti “pada”). Simbol @ ini digunakan untuk menunjukkan lokasi data yang diakses melalui internet.
  • Pada 1973, jaringan komputer ARPAnet mulai diperkenalkan dan dikembangkan di luar Amerika Serikat.
  • Pada 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan email.
  • Pada 1977, komputer yang tergabung ke jaringan ARPAnet berjumlah lebih 100 unit.
  • Pada 1982, sistem TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) mulai dikembangkan. Sistem TCP/ IP ini digunakan untuk mengatur mekanisme pengiriman data antarkomputer dalam jaringan internet.
  • Pada 1984, komputer yang tergabung dalam jaringan internet berjumlah lebih dari 1.000 unit, sehingga dikembangkan teknologi alamat internet atau nama domain komputer (DNS = Domain Name System).
  • Pada 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan sistem IRC (Internet Relay Chat) yang memungkinkan pengguna internet dapat saling berkomunikasi secara langsung (chatting).
  • Pada 1990, Tim Berners Lee mengembangkan program editor dan browser yang dikenal dengan sebutan www (world wide web). Program ini memungkinkan pengguna internet untuk melakukan penjelajahan dari satu komputer ke komputer lainnya.
  • Pada 1994 hingga sekarang, jumlah komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet terus bertambah dan dalam kurun waktu ini beberapa fasilitas internet mulai bermunculan, misalnya program penjelajah internet (web browser), layanan email, mesin pencari (search engine), program chatting, dan lain-lain.

Istilah Dalam Akses Internet

Untuk memahami penggunaan berbagai layanan di internet, tentunya kamu harus mengetahui berbagai istilah yang sering dipergunakan. Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan pada berbagai layanan di internet.

1.INTERNET SERVICE PROVIDER.
Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi di Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kamu dapat mengakses Internet dari rumah atau sekolah dengan membayar dalam jumlah tertentu.

2.MODEM.
Modem adalah perangkat komunikasi data yang digunakan untuk mengubah sinyal data digital menjadi analog. Fungsi modem ini adalah untuk komunikasi dial-up yang menggunakan kabel telepon.

3.AKSES DIAL-UP.
Akses dial-up adalah satu metode yang mengoneksikan komputer dengan internet melalui ISP. Untuk melakukan akses dial-up, komputer harus dilengkapi dengan perangkat modem dan tersedia jaringan telepon.

4.APLIKASI WEB BROWSER.
Perangkat lunak yang dipergunakan untuk menampilkan halaman web yang tersedia di Internet melalui HTTP. Salah satu contoh web browser adalah Internet Explorer.

5.BANDWITH.
Bandwith adalah kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer, dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.

6.BPS.
Bit Per Second adalah satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data antar komputer.

7.BROWSING.
Browsing adalah metode untuk menjelajahi dunia internet.

8.CLIENT-SERVER.
Client-Server merupakan suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah yang menerima layanan,yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer), sedangkan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya (server atau mainframe).
 9.DOMAIN NAME.
Domain name adalah bagian yang membentuk IP address pada internet.

10.DOWNLOAD.
Download adalah aktifitas pengambilan data-data yang tersimpan dalam layanan di dunia internet. Data-data yang dapat diambil diantaranya dalam bentuk dokumen teks elektronik, file suara, gambar, video, dan bentuk-bentuk lainnya.

11.HTTP. 
Sebuah metode atau protokol untuk men-download file ke komputer. Protokol ini berbasis hypertext, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.
12.HYPERLINK.
Hyperlink adalah link atau sambungan ke sumber lain, biasanya digunakan dalam membangun sebuah web.

13.HYPERTEXT.
Hypertext adalah dokumen online yang terdiri atas tulisan dan gambar yang berhubungan dengan dokumen lainnya. Biasanya untuk melihat hubungan dengan dokumen lain, kita harus menekan tombol mouse pada tampilan layar

14.INTERNET DEVICE. 
Internet device adalah alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk berchatting, baik menggunakan teks, suara, gambar, maupun video. Misalnya notebook, handphone dan internet-TV.
15.IP ADDRESS.
Alat numerik unik dari sebuah komputer di internet. IP address komputermu sama dengan nomor teleponmu sendiri dalam fungsinya.

16.HTML.
Format dokumen yang digunakan dalam world wide web. HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.

17.KBPS (Kilobits per second).
Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer mendownload informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data didalam jaringan. Satu kilobit= 1000 bit.

18.LOG IN.
Log in adalah proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.

19.LOG OUT.
Log out adalah keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.

20.MAILING LIST.
Mailing list adalah sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail. 1 pesan dari pesan seorang anggota akan diterima oleh semua anggota.

21.MULTIMEDIA.
Multimedia merupakan suatu PC, sistem dokumen, dan lain-lain yang mengombinasikan teks, grafik, suara, film, atau media lain.

22. SEARCH ENGINE.
Search engine adalah sebuah (fasilitas) web yang dapat mencari links dari situs lain.

23. SITUS.
Situs adalah sebuah komputer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroups, e-mail, atau halaman web.

24.TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).
Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut internet.

25.WEB SERVER. 
Web server adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam World Wide Web. 
26. WEBSITE.
Website adalah suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan dalam server web. Sebuah server web dapat berisi lebih dari satu situs.

Hitam dan Putih Internet

Hitam dan Putih internet ? Apa maksudnya ? Ya kalau diartikan secara pengertian, hitam itu identik dengan gelap dan putih identik dengan suci atau kebaikan. Ya maksud dari Hitam dan Putih Internet ialah apa saja kebaikan yang dapat kita peroleh dengan teknologi internet dan apa saja kegelapan (baca: dampak negatif ahaha) yang ada pada internet.

Dampak Positif Internet :

  • Menambah Wawasan dan Pengetahuan
    Dari berbagai bidang dari seluruh dunia. Bagi para pelajar juga sangat banyak manfaat yang bisa diambil, banyak informasi yang berkaitan dengan pelajaran yang bisa didapat di internet, dan tidak diperoleh di bangku sekolah karena keterbatasan waktu mengajar guru. Bukan sekedar prestasi di sekolah yang harus dikejar, hanya semata-mata mengejar nilai bagus di atas kertas, tanpa tahu harus bagaimana kedepannya. Dengan banyaknya wawasan yang didapat dari internet, akan membuka jalan pikiran yang lebih luas dan maju. 
  • Mendapatkan Banyak Ide
    Baru yang segar dan mempunyai prospek yang bagus di masa depan. Melepaskan pola pikir yang terkukung dan terpaku. Melihat informasi kemajuan-kemajuan yang dicapai negara lain secara cepat, melihat kesuksesan orang lain, tips dan triknya, yang bisa menjadi pemacu semangat belajar dan berusaha.
  • Sarana Komunikasi
    semakin canggihnya internet memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara tak terbatas. Tidak terbatas ruang dan tempat, mungkin ini juga bisa dilakukan dengan handphone. Tentu saja, tetapi dengan jejaring sosial seperti Facebook di internet, memungkinkan kita untuk menemukan teman lama yang tidak pernah bertemu karena masalah tempat, menemukan teman-teman baru dari berbagai wilayah, bahkan menemukan informasi orang-orang kita ingin ketahui keberadaanya. Semua bisa dan mungkin dilakukan di jejaring sosial, dan tanpa harus beranjak tempat. 
  • Mencari Uang Di Internet
    Sangat mungkin, bisa dan masuk akal. Sudah sangat banyak yang membuktikannya, bekerja online lewat internet bisa menjadi sumber penghasilan. Meskipun bekerja secara online sebagai internet marketing (misalnya) masih dipandang sebuah pekerjaan yang tidak umum oleh sebagian orang yang tidak paham. Bagaimana caranya, sangat panjang untuk dirinci secara detail, kita bisa menemukan banyak sekali jalan (secara benar) untuk mendapatkan penghasilan lewat internet. Dan untuk informasi mengenai cara mencari uang di internet bisa lewat pencarian google.

Dampak Negatif Internet :

  • Cybercrime
    Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.


    • Melintasi batas Negara
    • Perbuatan dilakukan secara illegal
    • Kerugian sangat besar
    • Sulit pembuktian secara hukum

    Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :

    Hacking
    – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.

    Cracking
    – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.
  • Pornografi
    Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
  • Violence And Gore
    Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
  • Penipuan
    Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
  • Carding
    Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
  • Perjudian
    Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
  • Mengurangi sifat sosial manusia
    Karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
 source : www.termasmedia.com/65-pengertian/71-pengertian-internet.html // www.anneahira.com/artikel-sejarah-internet.htm // budinugroho24.wordpress.com/about/pengertian-internet-atau-definisi-internet-2

    1 komentar:

    1. Alamat Nasional Kantor - Swindon Nationwide Building Society Nationwide Rumah Pipers Way Swindon Inggris SN27 1KS GPS / Kode Pos Geografis Hanya: SN6 1FA
      Sir / Madam,
      Penawaran nasional aman dan tidak aman pinjaman pribadi kepada pelanggan untuk tujuan apapun memulai bisnis baru, perorangan dan bisnis. Pinjaman kami juga diasuransikan untuk keamanan maksimum dan itu adalah transfer online. pinjaman sebesar 10,000.00 Euro untuk 20.000.000,00 euro dengan bunga 1.5%, pinjaman dilunasi dalam jangka waktu antara 1 dan 20 tahun, pinjaman yang tersedia untuk tujuan apapun mengisi ruang untuk mencari nama lengkap: ____________ Alamat: _____________ Jumlah Pinjaman: ____________ Jangka waktu pinjaman: ___________ Telepon: __________. Informasi lebih lanjut tentang pinjaman Nationwide akan dikirim kepada Anda setelah kami menerima aplikasi pinjaman Anda. Nationwide Building Society menganut Kode Lending.
      Aplikasi pinjaman Anda sangat dihargai.
      Jude Mark staf Akuntan ______________________________ ____ Email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

      BalasHapus