Sabtu, 21 Juli 2012

Kelebihan Bahasa JAVA


       Dibanding bahasa pemrograman lain, Java mempunyai beberapa kelebihan yang membuatnya dipakai luas di seluruh dunia terutama aplikasi enterprise. Java bahkan diprediksi menjadi bahasa masa depan. Java telah banyak di ajarkan secara luas oleh perusahaan dan lembaga berskala internasional, seperti IBM dan NASA.

Beberapa keunggulan Java, antara lain:

1)  Relatif Mudah Dipelajari
          Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Orientid Programming) yang mudah dipelajari, terutama bagi yang sudah familiar dengan bahasa C, C++, atau C#. Java meningkatkan pemrograman objek pada C++ dengan menghilangkan pointer pada tipe data biasa dan multiple inheritance. Java juga menggunakan pengalokasian memori secara otomatis termasuk menerapkan gerbage collection.


2)  Sederhana
        Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip C++, namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.

3)  Berorientasi objek
     Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

4)  Dapat didistribusi dengan mudah
        Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

5)  Interpreter
   Program Javaa dijalankan menggunakan interpreter, yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

6)  Robust
      Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.

7)  Aman
      Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

8)  Architecture Neutral
      Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.

9)  Potabel
       Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

10)   Performance
       Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditinggalkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Insprise, Microsoft, ataupun Symantec yang menggunakan Just in time compilers (JIT).

11)   Multithreaded
      Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.

12)   Dinamis
     Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapaat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

13)   Mudah Dikembangkan
       Dengan pemrograman berorientasi objek, komponen program java terpecah menjadi satu atau beberapa class. Pengembangan bahasa java sangat mudah karena tinggal mengubah atau menambah class yang pernah dibuat. Selain itu, kita juga dapat menggunakan class-class yang sudah ada dalam Java API ataupun dibuat oleh pihak ketiga.

14)   Platform Independent
         Dengan semboyan write once run everywhere, Anda dapat menggunakan program Java pada beberapa mesin yang berbeda. Mulai dari PDA, handphone, komputer, hingga server. Asalkan sudah mendukung Java Platform. Misalnya program Java dapat dijalankan pada PC Windows, PC Linux, dan Apple Mac OS.

Source : wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/04/keunggulan-bahasa-pemrograman-java/

0 komentar:

Posting Komentar